Perbedaan Anime dan Donghua yang Jarang Diketahui

  • Share
perbedaan anime dan donghua

Dalam dunia animasi istilah Anime sudah populer dan dikenal banyak orang. Tapi, bagaimana dengan Donghua? Nama Donghua masih asing jika dibandingkan dengan Anime. Padahal keduanya sama-sama animasi. Hanya saja ada beberapa perbedaan Anime dan Donghua. Penasaran mengenai perbedaan keduanya? Simak selengkapnya mengenai kedua hal tersebut, beserta rekomendasi Anime dan Donghua terbaik di sini, sebagai berikut:

Apa Perbedaan Anime dan Donghua?

Pertama ulasan ini akan lebih dahulu membahas mengenai perbedaan di antaranya keduanya. Apakah perbedaan ada pada penyebutannya saja atau termasuk model animenya? Mari temukan jawabannya di bawah ini!

1. Negara Asal yang Berbeda.

Perbedaan pertama hadir dari segi negara asal. Anime Yang lebih dikenal luas sekarang ini adalah yang berasal dari Jepang, yang versi komiknya dikenal dengan istilah Manga.  Sedangkan Donghua merupakan komik atau animasi yang sama, namun berasal dari negeri Tirai Bambu, China.

2. Tema Cerita yang Diusung.

Perbedaan Anime dan Donghua juga dapat ditemui pada konsep cerita yang ditawarkan. Pada Donghua banyak judul animasi yang mengangkat cerita terkait Material Art. Ini berhubungan dengan kultur yang ada pada daerah Tiongkok mengenai seni bela diri. Pada Anime temanya lebih beragam. Sisipan budaya Jepang biasanya ditampilkan dalam kegiatan pemeran utama dalam cerita-cerita yang dibuat;

3. Perbedaan Anime dan Donghua dari Segi Karakter

Karakter pada Donghua biasanya banyak menyertakan manusia yang memiliki beberapa karakteristik seperti hewan (seperti memiliki kecepatan seperti cheetah dan lain-lain). Tapi, pada Anime depan biasanya karakteristik ditekankan pada manusia atau manusia dengan beberapa karakteristik hewan seperti memiliki ekor, telinga kucing, dan lain-lain;

4. Latar belakang sejarah.

Dalam sejarahnya terdapat beberapa perbedaan yang membedakan antara Anime dan Donghua. Film Anime yang pertama kali dikenal luas adalah Astro Boy. Anime ini bahkan memiliki penggemar di seluruh dunia dan diputar di berbagai channel televisi  terkenal seperti Nickelodeon dan lain-lain.

Pada Donghua yang video animasi yang pertama dibuat adalah Uproar in the Studio. Film animasi ini berdurasi cukup pendek, yaitu hanya 12 menit saja. Ini kemudian menjadi awal perkembangan Donghua di Tiongkok. Bahkan pada tahun 1926 Wan Bersaudara yang menjadi animator Donghua saat itu berhasil menelurkan karya Princess Iron Fan yang kemudian membawa mereka memperoleh penghargaan di Havoc in Heaven.

Rekomendasi Anime Terbaik

Tadi sudah dibedah mengenai perbedaan Anime dan Donghua, sekarang saatnya melihat daftar rekomendasi Anime yang menarik untuk ditonton. Kali ini akan ditampilkan 3 rekomendasi Anime dengan berbagai macam genre, di antaranya:

1. Dragon Ball

Anime pertama yang akan dibedah adalah Dragon Ball. Kisah Anime ini bermula dari cerita seorang anak bernama Goku yang tinggal di tengah gunung. Kemudian suatu hari, Goku bertemu seorang gadis muda jenius yang bernama Bulma. Lalu dimulailah petualangan keduanya untuk mengumpulkan 7 bola kristal yang letaknya menyebar di seluruh dunia.

Bola-bola kristal tersebut memiliki keajaiban. Jika ke-7 bola berhasil dikumpulkan maka akan muncul Dewa Naga yang mampu mengabulkan permintaan bagi yang memiliki bola tersebut. Tak heran jika dalam proses mengumpulkan bola tersebut Goku harus menghadapi banyak rintangan.

2. Jojo’s Bizarre Adventure

Selanjutnya adalah Anime yang mengisahkan keluarga besar Jojo. Masing-masing anggota keluarga ini akan memiliki tanda lahir yang berbentuk bintang. Tiap generasi dari keluarga Jojo akan berhadapan dengan tokoh antagonis yaitu kekuatan supranatural dari masing-masing zamannya.

Cerita dari Jojo’s Bizarre Adventure akan dibagi menjadi 6 part dalam satu Universe. Nantinya pada part 7 dan 8 kisah dari Anime ini akan berganti di Universe yang berbeda. Keseruan keluarga Jojo menghadapi berbagai jenis kekuatan supranatural ini yang membuat Jojo’s Bizarre Adventure menarik untuk ditonton.

3.Pokemon

Nama Pokemon sebenarnya diambil dari singkatan Pocket Monster yang menjadi inti cerita Anime tersebut. Cerita bermula dari Satosi yang memiliki cita-cita untuk menjadi Pokemon Master. Dalam proses menjadi Pokemon Master, tokoh tersebut ditemani oleh Pikachu, Pokemon pertamanya sekaligus teman perjalanannya.

Untuk menjadi Pokemon Master, jalan panjang harus ditempuh oleh Satosi. Hal ini yang kemudian membuatnya menemukan banyak teman dan Pokemon baru. Tak hanya menemukan teman dan Pokemon baru, Satosi juga menjumpai berbagai rintangan dalam perjalannya menjadi Pokemon Master. Termasuk berbagai karakter Jahat yang ingin mengacaukan dunia Pokemon.

Rekomendasi Donghua Terbaik

Setelah memahami beberapa rekomendasi Anime, maka agar semakin lengkap, di sini dihadirkan rekomendasi Donghua. Yakni beberapa judul yang pernah populer di dunia, seperti berikut:

1. Abominable

Donghua pertama yang akan dibahas berjudul Abominable. Kisah Donghua ini bermula dari seekor Yeti yang tertangkap oleh manusia. Tak kehabisan akal, Yeti ini kemudian berusaha kabur dan kembali ke Himalaya. Tapi, sayangnya ketika akan kabur ia justru terjebak di atap apartemen seorang gadis yang bernama Yi.

Akhirnya Yi, yang sebenarnya memiliki cita-cita untuk menjelajah Tiongkok, memutuskan untuk membantu Yeti kembali ke Himalaya. Sepanjang film nuansa persahabatan keduanya ditampilkan dengan apik. Tak hanya itu, di sini penonton dapat melihat dengan jelas Kota Shanghai, Beijing hingga Himalaya yang menjadi latar belakang cerita.

2. Wish Dragon

Siapa sangka sebuah teko teh akan mengubah hidup Din Song. Hal ini bermula saat Din Song mendapatkan sebuah teko teh yang ternyata berisi seekor Naga. Lebih ajaib lagi, Naga tersebut dapat keluar ketika Din Song membutuhkannya dan dapat mengabulkan keinginan Din Song.

Dalam film ini penonton diajak menelaah lebih dekat Beijing Modern, lengkap dengan kemacetan hingga gedung pencakar langit miliknya, yang menjadi latar belakang cerita. Di sini penonton juga diajak melihat perjuangan Din Song untuk menemukan Li Na teman masa kecilnya yang terpisah karena perbedaan kelas sosial.

Film ini melibatkan berbagai artis besar dalam proses pengisian suaranya. Salah satunya adalah Jackie Chan. Artis laga yang satu ini menjadi pengisi suara dubbing Long, Naga yang keluar dari teko teh dalam film Wish Dragon versi Tiongkok.

3. Flavor of Youth

Ingin melihat Donghua dengan genre kisah percintaan? Nampaknya Flavor of Youth dapat menjadi pilihan yang tepat. Film yang satu ini mengisahkan tiga kisah cinta anak muda di Tiongkok. Permasalahan cinta seperti rasa rindu dengan orang-orang terdekat hingga kenangan yang terus menerus berkelindan akan ditampilkan di sini.

Penggambaran karakter-karakter dalam film ini pun dibuat cukup sederhana. Sehingga terasa relevan karena karakter-karakternya banyak ditemukan di sekitar kita. Tapi, melalui kesederhanaan karakternya itu, penonton dapat menemukan nilai-nilai cinta mendalam yang mungkin tidak ditemukan pada karakter yang lebih kompleks.

Seperti yang telah diulas di atas terdapat beberapa perbedaan Anime dan Donghua. Mulai dari negara asal yang membuatnya hingga sejarah perkembangannya. Namun meskipun terdapat perbedaan, baik Anime dan Donghua, sebenarnya keduanya hadir dalam format yang sama, yaitu Animasi.

Perlahan tapi pasti film-film animasi semakin berkembang dari hari ke hari. Genre cerita yang lebih beragam hingga teknologi pembuatan animasi yang lebih canggih membuat film animasi memiliki banyak penggemar. Termasuk animasi-animasi dengan ciri khas negara pembuatnya seperti Anime dan Donghua. Demikianlah, seputar perbedaan Anime dan Donghua yang dapat dijadikan referensi untuk mengenal keduanya!

  • Share