7 Manfaat Membaca Manga yang Belum Banyak Diketahui

  • Share
manfaat membaca manga

Pernahkah mendengar istilah manga? Salah satu jenis fiksi yang cukup banyak diminati berbagai kalangan. Tidak banyak yang tahu bahwa manfaat membaca manga cukup banyak. Hal ini patut diperhatikan sebagai salah satu alternatif pengisi waktu luang.

Hingga saat ini manga sangatlah populer. Berbagai koleksinya pun semakin banyak dengan kisah yang unik dan menarik. Namun, perlu diketahui, membaca manga bukanlah suatu hal yang merugikan. Para pembaca bisa meraih beberapa manfaatnya. Simak penjelasannya!

Apa Itu Manga?

Sebelum mengetahui manfaat membaca manga, perlu memahami terlebih dahulu apa itu manga. Seperti yang disinggung sebelumnya, manga merupakan salah satu jenis fiksi. Penulis manga dikenal dengan sebutan mangaka. 

Asal muasal istilah manga yaitu dari Jepang. Manga bisa diartikan sebagai cerita bergambar. Fiksi yang satu ini dikenal pula dengan istilah komik. Umumnya, manga menyajikan cerita yang berisi tentang budaya serta gambaran tentang keseharian masyarakat Jepang. 

Setiap kisah yang disuguhkan cukup menarik minat para pembaca. Namun, tidak sedikit yang menganggap bahwa manga serupa dengan anime. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Hal ini bisa dilihat dari berbagai aspek. Persamaannya yaitu keduanya berasal dari Jepang. 

Dalam kamus besar khusus Bahasa Indonesia atau KBBI secara jelas diterangkan bahwa manga merupakan jenis komik bergaya Jepang. Adapun anime merupakan jenis animasi berkhas Jepang. Jadi, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. 

Karakteristik Manga

Untuk memahami manga secara mendalam, ada baiknya mengetahui karakteristik manga. Hal ini juga bisa menjadi salah satu pengetahuan untuk membedakan manga dan anime yang kerap membingungkan. Manga memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Istilah Manga Berasal dari Bahasa Jepang

Dari segi istilah, manga merujuk pada bahasa Jepang yang artinya gambar. Ma-nga merupakan pelafalan yang diucapkan masyarakat Indonesia. Lain lagi pelafalan yang diucapkan masyarakat Jepang, yang lebih menekankan huruf “n” yakni man’ga. 

2. Spektrum Media Cetak

Dari segi spectrum media, manga memiliki karakteristik yang khas. Manga disuguhkan dalam bentuk media visual dengan versi cetak. Sebuah tulisan yang isinya dilengkapi dengan gambar. Dikenal pula sebagai novel grafis.   

3. Cenderung Menyajikan Kisah yang Panjang

Selanjutnya, karakteristik manga yakni cenderung berisi cerita yang panjang. Kisah di dalamnya disajikan secara detail. Bahkan serinya bisa mencapai puluhan hingga ratusan. Hal ini merupakan salah satu karakteristik manga yang cukup menonjol. 

Dengan mengenal karakteristik manga, para pembaca pun tidak akan kebingungan lagi membedakan manga dan anime. Karena pada dasarnya kedua jenis fiksi tersebut berbeda. Baik manga atau pun anime memiliki ciri khas tersendiri. 

Manfaat Membaca Manga 

Mungkin bagi sebagian orang membaca manga cukup menyita waktu. Padahal, banyak manfaat membaca manga yang bisa diraih. Fiksi yang cukup menekankan pada dialog tokoh ini tentu bisa memberikan manfaat bagi para pembacanya. 

Meskipun tidak bisa dipungkiri banyak orang terutama kalangan orang tua yang beranggapan bahwa manga hanya sekedar cerita. Kegiatan membaca manga bisa memberikan wawasan baru terkait keseharian dan budaya Jepang. Adapun manfaat lainnya yaitu: 

1. Pengisi Waktu Luang

Pertama, manga bisa menemani waktu luang lebih seru dan menyenangkan. Berbagai koleksi manga bisa dipilih dengan jenis cerita yang beragam. Dibandingkan dengan jalan-jalan ke mall menghabiskan uang, membaca manga tentunya bisa menjadi alternatif terbaik.

Berbagai ceritanya pun bisa dipilih dan disesuaikan dengan calon pembaca. Misalnya, jika pembacanya anak-anak, maka suguhkan manga dengan cerita yang tepat untuk anak-anak. Hal ini tentu akan lebih bermakna dan mengesankan. 

2. Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Selain itu, manfaat membaca manga lainnya yaitu bisa meningkatkan daya ingat. Setiap isi cerita di dalam manga mampu merangsang daya ingat. Secara tidak langsung, apa yang telah dibaca akan terekam dan diingat. 

Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya pembaca yang menceritakan kembali manga yang telah dibaca. Kebiasaan ini bisa menjadi salah satu stimulan untuk anak agar bisa menerapkannya pada bacaan lainnya, seperti halnya buku pelajaran. 

3. Meningkatkan Imajinasi serta Kreativitas Seseorang

Tidak hanya itu, manga juga bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas seseorang. Ketika pembaca membacanya dengan seksama, banyak hal menarik yang bisa ditemukan. Setiap gambar yang disuguhkan manga akan merangsang kreativitas seseorang.

Membaca manga menjadi salah satu alternatif untuk para seniman yang membutuhkan ide atau inspirasi. Seperti yang diketahui, inspirasi bisa ditemukan di mana pun, bahkan dalam manga sekali pun. 

Selain itu, alur ceritanya yang unik kerap membantu dalam meningkatkan imajinasi pembacanya. Hal ini sangat membantu para pembaca untuk bisa berpikir luas dalam suatu hal tertentu. 

4. Sebagai Hiburan

Manfaat membaca manga lainnya tentu sebagai hiburan tersendiri bagi para pembaca. Ketika membaca suatu fiksi seperti halnya manga, kerap terbawa suasana cerita yang disajikan. Hal ini menjadi hiburan yang cukup mengesankan.

Terlebih lagi untuk manga yang isinya terdapat sedikit komedi, tentu akan sangat menghibur. Dengan demikian, membaca manga bisa meningkatkan kesenangan seseorang. Fiksi yang satu ini patut untuk menemani waktu luang lebih seru. 

5. Meningkatkan Minat untuk Membaca

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa membaca adalah suatu kegiatan sederhana tapi sulit dilakukan. Melalui manga, maka minat baca pun perlahan bisa ditingkatkan. Pasalnya, manga menarik minat pembaca melalui cerita unik yang disuguhkan.

Ketika seseorang membaca manga secara rutin, maka hal ini bisa menjadi salah satu kebiasaan. Harapannya, minat baca yang meningkat bisa diterapkan pada berbagai buku lainnya yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan. 

Kinerja otak pun akan terangsang dengan baik. Namun, perlu diperhatikan pula intensitas dalam membaca manga. Pastikan tidak mengganggu jam belajar atau pun waktu bekerjanya sang pembaca. 

6. Sebagai Pereda Stres

Manga dikatakan sebagai salah satu pereda stress. Pasalnya, manga kerap menyajikan gambaran suatu tokoh secara unik bahkan lucu. Gambar inilah yang mampu membuat pikiran lebih rileks.

Bukan hanya itu, ketika isi cerita yang disajikan lucu dan ringan, maka bisa menjadi penghibur. Hal inilah yang akan membuat stress pembaca perlahan bisa hilang. Pilihlah manga dengan jenis cerita yang dilengkapi dengan kelucuan, sehingga akan lebih menyenangkan. 

7. Menambah Pengetahuan Kosa Kata Baru

Selanjutnya, manga juga bisa membantu dalam penambahan kosa kata baru bagi para pembacanya. Manga menyajikan berbagai dialog dengan kosa kata yang unik. Bahkan untuk sebagian orang baru mendengar istilah tersebut.

Ketika pembaca secara berkala membaca manga, maka kosa kata pun perlahan akan bertambah. Hal ini juga bisa diterapkan pada anak-anak agar bisa menambah kosa kata. Namun, sebelumnnya pastikan terlebih dahulu manga yang akan dibaca sesuai dengan umur pembaca.

Demikianlah ulasan terkait manfaat membaca manga yang jarang diketahui. Pastikan untuk memilih manga yang sesuai dengan umur pembaca. Selain itu, genre-nya pun bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing pembaca. Selanjutnya, raih manfaatnya yang banyak secara maksimal. Selamat membaca!

  • Share