Macam Macam Genre Anime Berdasarkan Penokohan dan Tema

  • Share
macam macam genre anime

Jepang tergolong negara yang paling banyak dalam memproduksi tayangan kartun. Atau kebanyakan orang mengenalnya dengan nama anime Jepang. Dan jika berbicara tentang macam macam genre anime, jumlahnya tentu sangatlah banyak, bahkan mencapai 40 lebih. Penjelasan ini tidak akan mengulas semuanya. Tapi mengelompokkan genre tersebut ke dalam dua kategori.

Genre Anime Berdasarkan Penokohan

Tokoh atau karakter menjadi komponen penting yang harus ada dalam sebuah cerita, termasuk anime. Berbagai kartun Jepang memberikan alur yang berbeda dan disesuaikan dengan penokohan. Dalam kategori yang pertama ini akan diberikan macam macam genre anime berdasarkan tokoh yang ada di dalam. Beberapa di antaranya adalah:

1. Shounen

Bagi yang suka dengan kartun Naruto, apakah sudah tahu bahwa yang sedang ditontonnya itu termasuk dalam genre Shounen? Sebenarnya apakah Shounen itu? Genre satu ini merupakan anime yang menonjolkan tokoh utama seorang laki-laki berusia remaja. Jika dilihat, umurnya berada di antara 12 sampai 18 tahun.

Genre ini memang sesuai dengan arti Shounen yaitu laki-laki yang diambil dari Bahasa Kanji. Bisa dibilang, Shounen memiliki jumlah penggemar yang sangat banyak. Sehingga cukup populer di kalangan wibu. Selain Naruto, ada anime lain yang turut menggunakan genre tersebut. Judul yang juga sama-sama terkenal adalah One Piece.

2. Seinen

Jika dilihat sekilas dari namanya, genre kedua ini mungkin hampir mirip dengan Shounen. Karena memang sama-sama menampilkan tokoh utama seorang laki-laki. Hanya saja, dalam Seinen, tokoh tersebut mempunyai rentang umur yang lebih dewasa, yakni antara 18 mencapai 45 tahun. Apakah sudah terbayang bagaimana alur ceritanya?

Sesuai dengan penokohannya, tema yang diangkat dari anime bergenre ini tentu lebih rumit. Alur cerita yang ditampilkan juga tergolong berat dan menantang. Bahkan yang paling sering, tentu memunculkan adegan fanservice. Beberapa judul anime yang menggunakan genre Seinen adalah Boku dake ga Inai Machi dan Kiseiju.

3. Shouju

Macam macam genre anime selanjutnya merupakan kebalikan dari Shounen. Jenis ketiga ini mungkin lebih banyak digemari oleh wibu laki-laki. Mengapa demikian? Karena tokoh utamanya merupakan remaja cantik. Hal ini pun disesuaikan dengan arti dari nama Shouju sendiri, yakni perempuan.

Mungkin yang terbayang dari genre ini hanya mengangkat cerita tentang romansa ala-ala remaja masa kini. Tapi ternyata anggapan tersebut salah besar. Alur yang ditampilkan dari Shouju saat ini lebih beragam dan tentunya sangat seru. Ada banyak judul yang menggunakan genre Shouju. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Akatsuki no Yona.

4. Josei

Bagi wibu yang sudah masuk usia dewasa, maka menonton anime dengan genre Josei menjadi pilihan tepat untuk menemani waktu luang. Sebab genre ini menggunakan penokohan berupa perempuan dewasa yang rata-rata usianya di atas 18 tahun. Kisah percintaan yang ditampilkan tentunya lebih realistis, berbeda pada Shouju.

Karena memiliki rentang usia tidak kurang dari 18 tahun, Josei selalu menyuguhkan alur cerita dewasa dengan bumbu-bumbu untuk membuatnya menarik. Jadi bagi anak kecil sebaiknya jangan menonton anime bergenre ini. Tapi untuk para wibu dewasa yang ingin menontonnya, berikut tiga rekomendasinya:

  • Hachimitsu to Clover
  • Chihayafuru
  • Nodame Cantabile

5. Harem

Harem merupakan macam macam genre anime berdasarkan penokohan yang kelima. Kartun Jepang yang memakai genre ini sepertinya memiliki banyak penggemar dari kalangan laki-laki. Alasannya tentu karakter perempuan cantik yang di tampilkan di sana. Dan para wibu tersebut bisa berkhayal dengan menjadi tokoh prianya.

Alur cerita yang diangkat dalam Harem mungkin terkesan mainstream, yakni seorang laki-laki tampan yang dikelilingi oleh banyak perempuan. Tapi tentu setiap anime selalu menyuguhkan keseruan tersendiri. Beberapa judul yang cukup tersohor adalah The World God Only Knows, Boku ha Tomodachi ga Sukunai, dan Nisekoi.

6. Harem Reverse

Genre berikutnya dari kategori penokohan ini merupakan kebalikan dari Harem. Alur dalam anime tersebut menggambarkan tokoh seorang wanita yang kehidupannya dikelilingi oleh para pria. Sehingga banyak wibu yang lebih tertarik dengan genre Harem Reverse untuk melihat karakter anime laki-laki yang tampan.

Kebanyakan, alur cerita yang ada dalam genre Harem Reverse diadaptasi dari sebuah otome game yang sedang populer. Lalu selanjutnya akan dibuat judul anime yang sama. Beberapa anime dengan genre Harem Reserve yang pernah muncul adalah:

  • Haksoki
  • Uta no Prince sama
  • Watashi ga Motete Dousunda

Genre Anime Berdasarkan Tema

Selain dilihat dari kategori penokohan, macam macam genre anime juga ada yang digolongkan berdasarkan tema yang diusung. Karena jenis yang beragam ini, para wibu bisa memilih judul sesuai dengan kesukaannya. Sebagai rekomendasi, simaklah uraian yang dijelaskan berikut:

1. Action

Sepertinya genre ini sudah tidak asing di kalangan para wibu, entah itu laki-laki atau perempuan. Aksi masih menempati urutan pertama dalam jajaran genre anime yang beredar. Karena memang alur cerita yang disuguhkan membuat penonton bisa ikut tegang. Dan jika dipadukan dengan genre lain, tentu hasilnya sangat paripurna.

Anime dengan genre aksi tidak jauh-jauh dari adegan berbahaya seperti pertempuran merebutkan kekuasaan. Atau tokoh baik yang berusaha menyelamatkan wilayah dengan memerangi para musuhnya. Jika ingin menonton anime action, ada tiga judul yang bisa direkomendasikan, yaitu:

  • Shingeki no Kyojin
  • Natatsu no Taizai
  • Akame ga Kill!

2. Comedy

Bagi yang lelah beraktivitas seharian dan ingin melihat tontonan yang bisa membuat rileks, maka anime dengan genre komedi dapat menjadi pilihan. Penonton akan diajak melupakan sejenak urusan pekerjaan yang membuat pening. Karena dengan melihat anime ini, sudah pasti dibuat terhibur dan tertawa dengan tingkah konyol para tokoh.

Anime bergenre komedi biasanya tidak hanya terfokus pada satu alur. Terkadang juga dipadukan dengan cerita-cerita tentang aksi pertempuran atau romansa. Sehingga cerita di dalamnya akan lebih seru. Jika mencari rekomendasi, bisa menonton One Punch Man, Gintama Series, atau Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!

3. Romance

Macam macam genre anime dari kategori tema berikutnya yaitu kisah yang sudah sering dipertontonkan, yakni romansa. Tentu genre ini cukup digemari oleh para wibu yang ingin melihat kisah percintaan berbalut drama atau aksi seru. Sehingga lebih banyak menghadirkan emosi setelahnya.

Melalui anime bergenre romance, penonton akan diaduk emosinya dan terbawa alur cerita yang ditampilkan. Ada banyak judul yang menggunakan genre romansa. Beberapa yang tersohor adalah Tsuki ge Kirei dan Shigatsu wa Kimi No Uso.

4. Science Fiction

Genre keempat ini tak kalah seru dan menegangkan. Mengapa demikian? Karena science fiction atau fiksi ilmiah selalu menampilkan kecanggihan teknologi dengan balutan imajinasi yang kental. Para tokoh akan berhubungan erat dengan ilmu pengetahuan.

Salah satu judul yang paling banyak memiliki penggemar dari genre ini adalah Doraemon. Melalui anime tersebut penonton akan tahu macam-macam teknologi canggih yang digunakan di masa depan. Seperti dapat terbang, mudah menjangkau suatu tempat, atau robot andal. Meskipun itu hanya imajinasi.

Itulah uraian lengkap tentang macam macam genre anime yang digolongkan berdasarkan dua kategori, yakni penokohan dan tema. Para wibu tidak usah bingung lagi. Tinggal cari genre yang disukai dan search rekomendasi judulnya. Setelah itu, tinggal nikmati setiap alur cerita dari anime tersebut saat waktu luang.

  • Share