8 Tips dan Cara Menjadi Penulis Manga Hingga Terbit

  • Share
cara menjadi penulis manga

Manga atau biasa disebut dengan komik merupakan media hiburan untuk banyak orang hingga saat ini. Bagi yang suka dengan manga dan punya skill menggambar, pasti pernah terlintas ingin menjadi penulis manga. Karena menjadi penulis manga bisa dijadikan pekerjaan yang menghasilkan uang yang cukup banyak. Lalu bagaimana cara menjadi penulis manga?

8 Cara Menjadi Penulis Manga Hingga Terbit

Jika ingin menjadi penulis manga, maka tidak bisa langsung menjadi penulis manga yang terkenal. Karena tentunya ada proses dan cara tertentu agar karya semakin dikenal oleh banyak orang. Bagi yang ingin menekuni bidang manga ini, ikuti beberapa tips dan cara menjadi penulis manga di bawah ini:

1. Tentukan Gaya dan Genre Manga

Tips dan cara menjadi penulis manga yang pertama adalah menentukan gaya dan genre manga yang ingin dibuat. Karena setiap orang memiliki gaya menggambar yang berbeda-beda dan unik. Bahkan terkadang penulis manga terkenal karena gaya gambarnya yang bagus dan berbeda. Oleh karena itu harus banyak berlatih untuk menentukan gaya menggambar manga.

Selain itu genre juga menjadi salah satu ciri khas dari seorang penulis manga. Karena setiap genre memiliki cara penulisan dan penyampaian yang berbeda-beda. Jadi jika ingin memulai membuat komik, coba tentukan genre apa yang disukai dan mulai pelajari lebih dalam lagi tentang genre tersebut.

2. Buat Portofolio Manga

Bagi seorang pekerja kreatif, terutama di bidang desain dan gambar, portofolio menjadi hal yang wajib dimiliki. Karena dari portofolio tersebut, orang-orang bisa menunjukkan hasil desain yang telah dibuat. Hal ini juga berlaku bagi penulis komik dengan membuat portofolio manga. Dari portofolio, penulis juga bisa mengasah kemampuan membuat manga.

Jadi setelah menentukan gaya menggambar dan juga genre manga yang diinginkan, selanjutnya coba buat portofolio manga. Portofolio ini tentu sudah meliputi gambar manga dan juga ide cerita yang menarik.

Ide cerita juga harus dikembangkan dengan menarik dan unik. Agar para calon pembaca nantinya tertarik untuk membaca. Semakin lama berlatih dan membuat portofolio, maka akan semakin terlatih untuk mengembangkan ide cerita dan juga gaya menggambar manga.

3. Bergabung Ke Komunitas

Komunitas menjadi salah satu tempat untuk belajar. Ada berbagai macam komunitas dengan bidang yang berbeda-beda. Salah satunya adalah komunitas penulis manga. Jika ingin mendalami dunia manga, sebaiknya bergabunglah dengan komunitas penulis manga. Bergabung dengan komunitas juga sangat bagus karena bisa memperluas koneksi.

Biasanya pada sebuah komunitas, orang-orang akan saling berbagi pengalaman dan juga ilmu, begitu juga dengan komunitas penulis manga. Oleh karena itu penting untuk bergabung ke komunitas penulis manga ini. Selain itu para penulis bisa saling bertanya-tanya mengenai teknis terbit, cara promosi, informasi tentang lomba dan lainnya.

4. Gunakan Sosial Media untuk Promosi

Sosial media memang ampuh untuk digunakan sebagai media promosi, bahkan untuk mempromosikan manga sekalipun. Jika sudah memiliki beberapa portofolio manga, maka bisa mulai mempromosikan portofolio tersebut di sosial media. Kreator manga biasanya mempromosikan karyanya melalui IG dengan mengunggah foto manga yang telah dibuat.

Tujuan mempromosikan hasil portofolio dan karya melalui sosial media adalah untuk memperkenalkan manga yang sudah dibuat. Dan dari sosial media sendiri cukup mudah untuk mencari audiens yang bisa menjadi penggemar setia dari manga yang telah dibuat. Jika manga yang dibuat semakin dikenal, maka besar kemungkinan untuk bisa menerbitkan manga tersebut.

5. Ikuti Kontes Manga

Mengikuti kontes atau lomba membuat manga bisa menjadi batu loncatan bagi seorang penulis, terutama jika berhasil memenangkan lomba. Karena jika berhasil menang dalam kontes manga membuat penulis bisa semakin dikenal dan bisa mendapatkan hadiah. Bahkan jika beruntung bisa mendapatkan kesempatan untuk merilis dan menerbitkan manga yang dibuat.

Oleh karena itu jika ingin menjadi penulis manga harus rajin-rajin mencari informasi tentang kontes manga. Bisa mengikuti kontes manga Nasional ataupun Internasional sekalipun. Tapi jika mengikuti kontes Internasional harus menggunakan bahasa asing dalam pembuatan manga.

6. Buat Konten YouTube dengan Manga

Cara ini mungkin bisa dilakukan jika sudah cukup berpengalaman. Karena konten YouTube biasanya berbentuk video, maka karya yang dibuat merupakan animasi dari manga. Untuk membuat animasi sendiri cukup menjadi tantangan dan butuh keseriusan. Karena aspek yang dibutuhkan dimulai dari suara dubbing, ide cerita, kualitas gambar, dan juga warna.

Tapi cara yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi penulis. Karena tidak setiap penulis tertarik untuk membuat manga dalam bentuk animasi. Tapi dengan membuat konten YouTube, penulis bisa mengembangkan cakupan audiens. Sehingga cakupan pembaca dan penonton manga bisa semakin banyak.

7. Menerbitkan Manga di Situs Baca Online

Impian seorang penulis adalah menerbitkan karya manga yang telah dibuat. Oleh karena itu salah satu cara menjadi penulis manga adalah dengan menerbitkan manga. Untungnya saat ini ada banyak platform baca online yang lebih mudah dijangkau dan mudah diakses banyak orang. Jadi sangat direkomendasikan untuk menerbitkan karya di situs baca online manga.

Pilihan situs baca online untuk menerbitkan buku yang pertama adalah Line Webtoon. Sebagian besar orang tentu pernah mengunduh aplikasi baca Webtoon ini, karena banyaknya manga menarik pada situs ini. Dan untungnya lagi para penulis bisa menerbitkan manga di Webtoon ini. Caranya bisa langsung mendaftarkan komik melalui website resmi di Webtoon.

Pilihan situs yang lainnya adalah Mangatoon yang menjadi situs baca online yang cukup terkenal. Sebelumnya para editor Mangatoon akan menyeleksi beberapa manga untuk menilai kelayakan manga yang dibuat. Dan jika layak, penulis bisa menerbitkan manga bahkan mengajukan kontrak agar bisa mendapatkan pembayaran dari Mangatoon.

Jika ingin membuat komik Indonesia dan ingin menerbitkannya di situs baca online Indonesia, maka ReOn Comics adalah pilihan yang tepat. Jika manga yang dibuat lolos seleksi maka penulis bisa menandatangani kontrak untuk mendapatkan komisi. Dan selain 3 situs tersebut, terdapat situs lainnya seperti Deviantart, Kakaopage dan lainnya.

8. Buat Website Sendiri

Cara yang satu ini bisa dibilang cara lama tapi tetap bisa menjadi pilihan. Jika selalu tidak lolos untuk menerbitkan buku di situs baca online, maka cara lainnya adalah buatlah website sendiri. Selain itu, dengan menggunakan website ini sendiri pengguna bisa meraup keuntungan dengan memasang iklan di website.

Dan agar karya tidak mudah diplagiasi, maka penulis bisa membuat beberapa chapter manga yang gratis dan juga berbayar. Hal ini dilakukan agar penulis bisa mendapatkan keuntungan dari karya yang telah dibuat. Jika manga yang dibuat cukup bagus dan menarik perhatian banyak orang, maka orang tetap akan membayar untuk membaca manga tersebut.

Tapi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara ini bisa dibilang cara kuno. Meskipun demikian, penulis tetap bisa menggunakan website sendiri dan coba promosikan website tersebut melalui sosial media. Yang pasti harus banyak mencari tahu untuk mengembangkan website sendiri.

Itulah 8 tips dan cara menjadi penulis manga yang bisa dicoba bagi yang memiliki impian untuk menjadi penulis manga ternama. Walaupun manga yang dibuat tidak dikenal orang, pasti tetap ada orang yang menghargai karya yang dibuat. Oleh karena itu harus optimis dan terus berkarya agar bisa menjadi penulis manga yang sukses.

  • Share